Senin, 31 Oktober 2016

Visi Misi & SOP (Psikologi Manajemen)

Erlita Permatasari
13514631
3pa07
Psikologi Manajemen#

Perusahaan Parfum Gloire




Visi:

Menjadikan perusahaan Gloire pafum nomor satu di mancanegara, berkualitas tinggi serta aman    bagi kesehatan dan dapat meningkatkan kualitas kulit dengan aroma sedap, Gloire parfum merupakan perusahaan wewangian terlengkap yang selalu memberikan inovasi baru terhadap wewangian untuk selalu menjaga dan meningkatkan performance konsumen, dan memuaskan konsumen.
Misi:
1.     Memperkenalkan parfum dengan menggunakan bahan asli dari indonesia tanpa merusak alam
2.     Menggunakan produk yang berkualitas tinggi dengan aroma yang bervariasi yang dapat menjadikan wawangian sebagai identitas konsumen
3.     Selalu mengeluarkan inovasi wewangian terbaru disetiap enam bulan sekali
4.     Melayani setiap pembeli dengan pelayanan terbaik
5.     Membuat pelanggan setia untuk selalu memakai produk kami agar tidak pindah ke produk lain
Standard Operational Procedure :
a. Ketentuan karyawan
1.     Pramuniaga
2.     kasir
3.     Supervisor
b.     Sistem kerja
Dilakukan shift kerja agar terkendali. Dalam satu hari pembagian shift dibagi menjadi dua yaitu shift pagi yang dimulai pukul 08.00 WIB-03.30 WIB, dan shift sore mulai pukul 03.00 WIB-22.30WIB. Dalam pergantian shift maka perlu diadakan waktu serah terima pekerjaan selama 30 menit.

Prosedur Penanganan Pelanggan
Tahap 1 penerimaan pelanggan
Dilakukan oleh pramuniaga
1.       Pelanggan disambut oleh pramuniaga dengan ramah dan sopan
2.       Pelanggan dipersilahkan untuk memilih produk yang tersedia dan mencoba beberapa tester yang disediakan di display
3.       Pramuniaga wajib mengetahui dan hafal tentang semua produk yang ada di toko sehingga dapat memberikan informasi tentang produk jika ditanya oleh konsumen
4.       Pramuniaga wajib memberikan informasi tentang promo-promo yang sedang diadakan oleh toko gloire kepada konsumen
5.       Pramuniaga wajib memperkenalkan dan menawarkan produk baru yang ada di toko
6.       Jika konsumen berminat terhadap produk yang di tunjuk didisplay, pramuniaga wajib membantu konsumen untuk mengambilkan produk yang baru yang masih tersegel
7.       Setelah produk yang ingin dibeli sudah ditentukan oleh konsumen dan konsumen sudah siap untuk melakukan transaksi, pramuniaga wajib mengantarkan produk yang diminati konsumen ke kasir dan mengantar konsumen ke bagian kasir untuk melakukan transaksi
8.       Konsumen dipersilahkan untuk membayar di kasir.

Tahap 2  penerimaan pembayaran
Dilakukan oleh bagian kasir
1.       Kasir menerima produk yang dibawa oleh pramuniaga/konsumen dengan ramah dan sopan
2.       Kasir wajib memberikan informasi kembali tentang promo yang ada di toko serta wajib menanyakan kembali kepada konsumen “ada tambahan lain ibu/bapak/mba/mas?”
3.       Kasir wajib menyebutkan kembali jenis produk dan jumlah produk yang sudah dipilih oleh konsumen, untuk memerika bahwa produk yang dipilih sudah sesuai dan diberikan kepada konsumen yang tepat
4.       Kasir memasukan kode ke komputer dengan cara scan
5.       Menyebutkan nominal yang harus dibayarkan oleh konsumen
6.       Kasir wajib menanyakan kepada konsumen ingin melakukan transaksi jenis apa
7.       Jika menggunakan credit/debit card, kasir wajib menyamakan nominal yang tertera pada komputer dan pada mesin credit/debit card tersebut dan menunjukkannya pada konsumen
8.       Kasir wajib mempersilahkan konsumen untuk mengisi pin debit card konsumen, atau mempersilahkan konsumen untuk melakukan tanda tangan sebagai transaksi di bukti pembayaran menggunakan card.
9.       Jika melakukan transaksi secara cash, kasir wajib menyebutkan nominal dan menunjukkan nominal yang tertera pada komputer. Kasir wajib menerima cash dengan sopan.
10.    Kasir wajib menyebutkan nominal uang kembalian dan memberikan uang kembalian serta bukti pembayaran kepada konsumen dan menyebutkan “silahkan cek kembali kembaliannya”
11.    Kasir memastikan bahwa transaksi pembayaran sudah sah dan tidak berpotensi menimbulkan masalah dikemudian hari

Tahap 3 packing dan penyerahan
Dilakukan oleh pramuniaga & kasir
1.     Selama konsumen melakukan transaksi dengan kasir, pramuniaga mengecek ulang jenis dan jumlah barang yang akan di packing.
2.     Setelah sesuai, barang dimasukan ke dalam paper bag
3.     Menyerahkannya barang yang telah di packing kepada konsumen beserta tanda bukti pembayaran dengan senyum dan mengucapkan ‘terima kasih’
4.     Mengarsip bukti transaksi di tempat yang telah disediakan

Prosedur Kritik dan saran
Kritik dan saran diterima oleh perusahaan melalui web side yang telah dibuat di www.leperfumegloire.com, server aktif selama 24 jam dan akan selalu memberikan balasan kepada konsumen yang memberikan krtitik dan saran.

Prosedur re-stock produk
1.     Setiap pengeluaran persediaan produk dari penjualan konsumen harus dicatat dalam kartu stok agar pengeluaran terkontrol
2.     Wajib melakukan pemesanan atau pembelian persediaan produk jika stok persediaan produk sudah pada kondisi sisa maksimum 50%, minimum 30%.
3.     Untuk menjamin kualitas dan stabilitas harga produk, parfum hanya diambil dari prabrik langsung untuk menghindari kualitas buruk pada produk.
4.     Harga pembelian produk untuk persediaan parfum beserta paper bag ditentukan bersama oleh pabrik dan counter yang telah disetujui, ditambah dengan biaya pengiriman untuk masing-masing counter.


Anggota kelompok:
NO.
Nama
NPM
1.
Erlita Permatasari
13514631
2.
Erna Usman
13514634
3.
Ganes Dwi Yuniarti
14514460
4.
Fatma Aliasari
14514048
5.
Daniella Anggarani
12514525
6.
Akbario
10514700

1 komentar:

  1. Wynn Casino & Resort - Mapyro
    Get 제주도 출장샵 directions, reviews and information for Wynn 군산 출장마사지 Casino & Resort in 사천 출장샵 Las Vegas, NV. 3131 강릉 출장샵 South Las 문경 출장마사지 Vegas Blvd. Hotel Wynn Las Vegas. Map icon.

    BalasHapus